Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian RAM, Jenis dan Fungsinya

RAM adalah sebuah tipe penyimpanan data sementara pada komputer ataupun smartphone yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Kebanyakan dari RAM bersifat temporer dan volatile, dalam artian jika daya listrik dicabut dari komputer dan komputer tersebut mati, maka semua konten yang ada di dalam RAM akan segera hilang secara permanen.

Pengertian RAM, Jenis dan Fungsinya

Kepanjangan RAM adalah Random Access Memory yang dalam bahasa Indonesia Memori Akses Acak. Karena memiliki sifat yang temporer ram berlawan berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Penggunaan RAM biasa digunakan pada perangkat PC, Laptop, Smartphone, dan lain sebagainya

Awal Ditemukan

Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic. Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM.

Perbedaan RAM dan ROM

Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan ROM (read-only-memory), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.

Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.

Fungsi CHIP pada RAM

RAM terdiri dari sekumpulan chip, dan chip-chip ini mampu untuk menampung:
1. Data untuk diproses
2. Instruksi atau program untuk memproses data
3. Data yang telah diproses dan menunggu untuk dikirim ke output device, secondary storage atau juga communication device
4. Instruksi sistem operasi yang mengontrol fungsi-fungsi dasar dari sistem computer

Struktur RAM

Struktur RAM dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:
1. Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan lewat alat input
2. Program storage, dipakai untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan di proses
3. Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan
4. Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output

Tipe RAM

1. SRAM atau Static RAM
2. NV-RAM atau Non-Volatile RAM
3. DRAM atau Dynamic RAM

Jenis UMUM RAM

Ada 2 tipe RAM yang dikenal secara umum yaitu:

RAM Statis (SRAM)

Pada SRAM, sedikit data disimpan dengan metode yang dikenal dengan metode memory cell 6 transistor. RAM tipe ini akan lebih mahal untuk di produksi, namun secara umum lebih cepat dan membutuhkan lebih sedikit daya daripada DRAM, dan, di komputer-komputer modern, sering digunakan sebagai memory cache pada CPU

RAM Dinamis (DRAM)

DRAM menyimpan sedikit data menggunakan transistor dan kapasitor (sepasang), yang di mana bersama-sama meliputi sebuah memory cell DRAM. Kapasitornya menahan beban/daya tinggi atau rendah (1,0, masing-masing ), dan transistornya berperan sebagai saklar yang memberikan kontrol sirkuit pada chip untuk membaca status daya dari kapasitor atau menggantinya. Di karena kan jenis memory ini yang relatif lebih murah untuk diproduksi daripada SRAM, maka DRAM adalah wujud dari RAM yang lebih sering digunakan pada komputer-komputer modern.

Tipe RAM Berdasarkan Penggunaan

RAM memiliki 2 tipe berdasarkan penggunaanya pada PC atau laptop/notebook yaitu:
1. RAM berjenis DIMM (Dual In-line Memory Module)
RAM jenis DIMM biasa digunakan pada Komputer atau PC.
2. SODIMM (Small Outline Dual In-line Memory Module)
Jenis RAM SODIMM biasa dipakai di perangkat yang memiliki space atau ruang yang sempit seperti laptop atau notebook, small footprint, high-end printer dan router

Tipe RAM berbasis chip

SRAM (static RAM)

Jenis RAM statis yang sifatnya semivolatile. Dipakai untuk membantu komputer dalam kecepatan  proses dan tidak memerlukan operasi daya refresh. Proses pembuatannya menggunakan teknologi CMOS.

DRAM (dynamic RAM)

Jenis RAM dinamik yang sifatnya volatile. Dipakai untuk membantu kecepatan proses komputer dan memerlukan arus daya listrik secara kontinyu dalam operasinya sehingga diperlukan refresh. Proses pembuatannya menggunakan teknologi DMOS (double diffuse MOS)

NVRAM (non-volatile RAM)

Jenis SRAM yang memiliki catu daya listrik sendiri, yaitu dari sebuah baterai mini sehingga dapat menyimpan daya walaupun komputer dimatikan. Memiliki fungsi untuk menyimpan  jam, waktu, kalender, program setup, dan konfigurasi komputer.

FRAM (ferro electric RAM)

Jenis SRAM yang tidak memerlukan catu daya listrik atau baterai mini karena sudah menggunakan daya medan magnet.

RAM berbasis card

EDO RAM (extended data output RAM)

Jenis RAM untuk prosesor pentium edisi pertama. Mempunyai kapasitas memory 8 Mb sampai maximum 16 Mb, dengan standar PC 66/100. Menggunakan kemasan SIMM (single in-line memory module) dengan jumlah penyemat memory 72 pin.

SD RAM (synchronous dynamic RAM)

Jenis RAM dinamik untuk generasi Pentium 1,2, dan 3. Kecepatan bus memory ini berkisar pada frekwensi 66 Mhz sampal 133 Mhz, atau disebut memory PC 66/PC 100/PC 133. Menggunakan kemasan DIMM (dual in-line memory module), jumlah penyemat memory 168 pin.

DDR RAM (double data rate RAM)

Jenis RAM dinamik untuk generasi Pentium 4. Memory DDR RAM (DDR 400) memiliki banyak tipe dan umumnya dikelompokkan dan dirancang berdasarkan bandwidth ketika beroperasi. Selain itu, dipengaruhi oleh besarnya clock yang diberikan oleh memory itu nantinya. Ada beberapa tipe yang digunakan, yaitu PC 1600/2100/2700/3200 dengan tawaran clock 400 Mhz. Menggunakan kemasan DIMM (dual in-line memory module), dengan jumlah penyemat memory 184 Pin.

DDR dual channel RAM

Jenis memory ini tidak seperti pemasangan SDRAM atau DDR biasa. DDR dual channel adalah teknologi yang sama dengan memory RD RAM (rambus dynamic RAM), yang memerlukan sistem dual channel, yaitu keharusan untuk memasang dua keeping modul memory dengan kecepatan dan kapasitas yang sama untuk mendukung kerja motherboard. Di samping itu, khusus untuk penggunaan memory RDRAM harus ada penambahan dua pasang memory terminator untuk mendukung memory standar PC 2700/3200/4000, dengan tawaran clock antara 500 sampal 800 Mhz.

Twister DDR dual channel RAM

Memory tipe TwinX/Twinmatch/Twister atau kode CMX yang menandakan bahwa memory ini bisa digunakan pada dual channel mainboard

SODIMM RAM

Memory digunakan untuk kelas server maupun notebook.

Sumber referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Memori_akses_acak
http://www.ilmusiana.com/2015/09/ram-komputer-pengertian-fungsi-jenis.html#
http://ry-portfolio.weebly.com/pengertian-ram-random-access-memory.html

Post a Comment for "Pengertian RAM, Jenis dan Fungsinya"